LAPORAN PERJALANAN STUDY TOUR SMP NEGRI 2 PURBALINGGA


LAPORAN PERJALANAN STUDY TOUR PANGANDARAN-BANDUNG KELAS VIII SMP NEGRI 2 PURBALINGGA

 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Nama Kelompok :
  • Herly Rizki Nur Sahada (14)
  • Katon Gilang Bagaskara (18)
  • Mohammad Dicky Lazuardi (21)
  • Muhammad Qobul Perwira (24)
  • Reda Christian (30)
  • Riski Dwie Saputra (31)

 


 

Kata Pengantar

 

Salam sejahtera,
Pertama-tama kami ucapkan puja dan puji syukur atas berkat dan Tuhan Yang Maha Esa karena berkat kasih karunia-NYA kami dapat menyelesaikan laporan perjalanan Study Tour ke Pangandaran-Bandung kelas VIII SMP Negri 2 Purbalingga Tahun Pelajaran 2010/2011.
   
 

Dalam laporan ini kami akan menjelaskan tentang perjalanan dan kegiatan serta tempat yang menjadi tujuan Study Tour.

 

Lewat laporan ini juga kami akan mengucapkan terima kasih khususnya kepada Bapak/Ibu guru SMP Negri 2 Purbalingga yang telah mendampini kami dalam kegiatan Study Tour ,serta semua pihak yang telah membantu kami sehingga kegiatan Study Tour ini dapat berjalan dengan baik.

 

Purbalingga,3 January 2011
Penyusun

 


 

Katon Gilang Bagaskara

 

 

 

 

 

 

 

1
DAFTAR ISI
Judul Laporan
Kata Pengantar………………………………………………………………………………………………………...1
Daftar isi………………………………………………………………………………………………………………….2

 

BAB I Pendahuluan…………………………………………………………………………………………………3
  1. Latar belakang dan tujuan…………………………………………………………………………… 3
  2. Persiapan dan waktu keberangkatan………………………………………………………………3
  3. Transportasi………………………………………………………………………………………………..3

 

BAB II Isi………………………………………………………………………………………………………………..4
Mengenai objek wisata yang di kunjungi………..………………………………………………………….4
  1. Pangandaran………………………………………………………………………………………………4
    1. Pantai pasir putih…………………………………………………………………………………..4
    2. Cagar Alam…………………………………………………………………………………………..4
    3. Pasar seni……………………………………………………………………………………………..5
  2. Bandung……………………………………………………………………………………………………5
    1. Museum Geologi…………………………………………………………………………………..5
    2. Tangkuban Perahu………………………………………………………………………………..5
    3. Cibaduyut……………………………………………………………………………………………..6
    4. Perjalanan Pulang………………………………………………………………………………….6

 

BAB III
Penutup……………………………………………………………………………………………………..7

  1. Kesimpulan………………………………………………………………………………………….7
  2. Saran……………………………………………………………………………………………………7
  3. Penutup……………………………………………………………………………………………….7

 

2
BAB I
PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang dan Tujuan
Berdasarkan Program OSIS Tahun Pelajaran 2010/2011 dan Rapat Perwakilan Kelas VIII, maka dilaksanakan kegiatan Study Tour. Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah:
  • Memberikan pengalaman dan wawasan kegiatan siswa di luar sekolah
  • Melatih kerjasama antara siswa dalam pembagian tugas yang bersifat ilmiah
  • Melatih siswa untuk membuat laporan ilmiah/ karya ilmiah
  • Melatih dan meningkatkan aspek pengembangan diri siswa dalam pembelajaran

 

B. Persiapan dan Waktu Pelaksanaan
Semua siswa kelas VIII berkumpul di SMP Negri 2 Purbalingga tanggal 14 Desember 2010 jam 06.00 wib untuk diberikan pengarahan, absen/cek siswa, dan persiapan lainnya. Adapun waktu pelaksanaannya yaitu:
Keberangkatan : tanggal 14 Desember 2010, jam 07.00 wib
Kedatangan : tanggal 16 Desember 2010, jam 04.30 wib
Kemudian pemberian kaos seragam Study Tour.

 

C. Alat Transportasi
Dalam pelaksanaan Study Tour, SMP Negri 2 Purbalingga telah mempersiapkan 4 bus pariwisata yaitu Ramayana. Kepunyaan Mitra Mulya Wisata Maglang yang berfasilitas AC full video music.

 


 


 

3
BAB II
ISI

 

1
Mengenai objek wisata yang dikunjungi
.Pangandaran

Kami tiba di Pangandaran sekitar jam 12.30 dan kami langsung cek in tempat penginapan,istirahat ,sholat, makan siang.Setelah itu baru kami pergi ke tempat-tempat :

   
 


A.Pantai Pasir Putih Pangandaran

Sebuah pantai yang terletak di pantai selatan di Desa Pananjung ,Kecamatan Pangandaran dengan jarak ± 92 km arah selatan kota Ciamis. Keistimewaan dari pantai ini adalah:
  • Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama
  • Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dansurut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman atau sekedar jalan-jalan.
  • Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih
  • Tersedia tim pemandu wisata pantai
Disini juga kami semua naik perahu yang telah kami sewa dan kami menggunakan 20 buah perahu.Setelah puas bermain di pantai pasir putih kami mengunjungi Cagar Alam.

 

B.Cagar Alam
Suatu kawasan suaka alam karena alamnya mempunyai ke khasan tumbuhan,satwa,dan ekosistemnya atau ekosistem yang tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami. Disini kami melihat ada banyak monyet,rusa,dan ada juga gua-gua jepang / tempat shooting Mak Lampir dan Angling Darma dengan suasana yang gelap karena tidak ada penerangan.Didalamnya banyak kelalawar.Setelah merasa puas, akhirnya kamipun pulang menuju ke penginapan untuk istirahat. Malam harinya kami menuju Pasar Seni.

 

4
C.Pasar Seni
Salah satu pasar yang ada di Pantai Pangandaran tempat berkarya,dan tempat berjualan benda-benda souvenir khas Pangandaran.Kami sebentar di Pasar Seni karena kami lapar dan mengantuk .Keesokan paginya sekitar jam 05.00 kami berangakat menuju Bandung.

 

2
.Bandung

Dalam perjalanan ke Bandung kami melewati kota Garut, kota Tasikmalaya, dan jam 08.00 kami istirahat dan makan pagi. Kami tiba di Bandung sekitar jam 11.30 untuk istirahat, sholat, dan makan kue.Setelah itu baru kami mengunjungi tempat-tempat :

 

A.Museum Geologi
Museum Geologi berlokasi dijalan Diponegoro no.57 Bandung dan didirikan pada tanggal 16 Mei 1928. Museum ini telah di renovasi dengan dana bantuan JICA(Japan International Cooperation Agency).Museum ini berada di bawah perlindungan pemerintah dan merupakan peninggalan Nasional. Di dalam museum ini ada pemandunya, jadi walaupun kami tidak banyak bertanya tapi pemandu tersebut sudah memberitahukan semua hal-hal yang ada di Museum. Setelah kami puas melihat-lihat di Museum,lalu kami meninggalkan Museum menuju Tangkuban Perahu.

 

B.Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km kearah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan,kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata harinya adalah 17°C pada siang hari dan 2°C pada malam hari. Jadi di daerah ini sangat dingin,berkabut,dan berbau belerang. Setelah puas kami melihat-lihat kamipun istirahat,sholat,dan makan siang.Kemudian kami meninggalkan Tangkuban Perahu menuju Cibaduyut. 5
C.Cibaduyut
Cibaduyut berlokasi di Jl.Cibaduyut. Di Cibaduyut inilah banyak sepatu-sepatu dengan model-model yang bagus dan harganya bisa terjangkau. Kebanyakan sepatu-sepatu tersebut terbuat dari kulit tapi ada juga yang tidak, dan juga ada banyak baju-baju yang bagus dengan berbagai model. Lalu kamipun berburu sepatu dan baju.Tak lupa juga kami juga membeli dodol,dan oleh-oleh peuyeum hingga uang kami hampir habis.Setelah puas jalan-jalan di Cibaduyut kamipun meninggalkan Bandung menuju Purbalingga.

 

3

 

.Perjalanan Pulang
Meninggalkan Cibaduyut kami menuju Rumah Makan untuk istirahat dan makan malam. Setelah kenyang makan maka kamipun langsung pulang meninggalkan Bandung menuju Purbalingga. Selama dalam perjalanan pulang kami semua tertidur, hingga pagi hari tak terasa kamipun pulang ke rumah masing-masing.

 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

6
A
BAB III
PENUTUP

 

.KESIMPULAN
B
Kami merasa sangat senang dengan diadakannya Study Tour ini dan kamipun menikmati perjalanan ini karena kami bisa berbagi cerita atau pengalaman kepada teman yang lain yang belum pernah berkunjung ke Pangandaran-Bandung.

 

.SARAN
C
Di dalam Study Tour ini banyak tempat wisata-wisata yang belum dapat dikunjungi dikarenakan keterbatasan waktu, maka dari itu sekiranya untuk tahun berikutnya dapatlah diberikan waktu yang banyak atau cukup sehingga waktu untuk bermain dan menikmati wisata yang ada jadi lebih enak dan indah dikenang. Karena tidak semua wisata kami kunjungi ada di kota kami.
.PENUTUP
Dengan dilaksanakan Study Tour ini kami merasakan berbagai manfaat yang dapat kami ambil selain dapat menambah pembelajaran bagi kami,selain itu juga untuk menambah ilmu atau wawasan yang belum pernah kami dapatkan sebelumnya. Kami juga sangat berterimakasih terutama kepada Bapak/Ibu Guru yang telah menjaga dan membimbing kami sehingga kami dapat selamat, dan juga kepada semua pihak yang terkait di dalamnya yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu.
Demikian laporan ini kami buat untuk melengkapi tugas kami yang diberikan oleh Bapak/Ibu Guru. TERIMA KASIH......

 


 


 


 


 

7
LAMPIRAN



 


 


 


 

Pantai Pangandaran Pasir Putih Pangandaran

 




 


 


 


 

Pasir Putih Cagar Alam di Pangandaran

 


 

 

 

 

 
Museum Geologi Kerangka Gajah Purba

 


 

 


 


 


 

Tengkorak Manusia Purba Macam-macam Batuan



 


 


 


 

Gunung Tangkuban Perahu Tangkuban Perahu



 


 


 


 

Toko Baju di Cibaduyut Pemandangan di Perjalanan

 


 


 


 

thumbnail -----Title: LAPORAN PERJALANAN STUDY TOUR SMP NEGRI 2 PURBALINGGA
-----Posted by:katongilang.blogspot.com
-----Rating: 3.5
-----Reviewer: 5 Reviews
-----LAPORAN PERJALANAN STUDY TOUR SMP NEGRI 2 PURBALINGGA

0 komentar:

Poskan Komentar

Anti Virus (10) Biodata (18) Blog (45) Cheat (26) DOWNLOAD (36) Facebook (13) Games (9) Hack (15) IDS Twitter (77) Komputer (27) mempercantik blog (31) Pengetahuan (22) Photoshop (8) Software (28) trik trik komputer (21) Twitter (30)
 
Support : S.G.B TEAM | Twitter
Copyright © 2014. Gil's Blog (katon.gilang.bagaskara) - All Rights Reserved
Template Created by Katon Gilang Bagaskara Published by @katongilang
Proudly powered by Blogger